DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL INTAN MUATAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA PADA KELAS V SDN MELAYU 7 BANJARMASIN
PENGARANG:HAIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, disiplin belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaranPenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya aktivitas guru dalam pelaksanaan dari pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 27 hingga 36. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan dari 31,6% hingga 89,5% (klasikal). Disiplin belajar pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 36,8% hingga 94,7% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 52,6% hingga 94,7% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 52,6% hingga 94,7% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik dari pertemuan 1 sampai IV meningkat dari 63,2% - 94,7% (klasikal). Berdasarkan temuan ini dapat peneliti simpulkan kombinasi model INTAN dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, disiplin belajar dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI