DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN, dan HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL CCL (CYCLE CHALLENGING LEARNING) di KELAS IV SDN ALALAK PADANG KABUPATEN BANJAR | |
PENGARANG | : | NUR RAHMATULLAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-10 |
ABSTRAK
Rahmatullah, |
Nur 2020. Meningkatkan Aktivitas, Disiplin, dan Hasil Belajar Pada Muatan IPA Menggunakan Model CLL (Cycle Challenging Learning) di Kelas IV SDN Alalak Padang Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D
|
Kata Kunci: Aktivitas, Disiplin, Hasil Belajar, IPA, Cycle Challenging Learning.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Alalak Padang Kabupaten Banjar yang disebabkan oleh siswa belum menunjukkan partisipasi aktif,pembelajaran tanpa didukung melakukan percobaan,siswa belum memiliki sikap ilmiah, serta pembelajaran yang berisifat satu arah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin siswa dan peningkatan hasil belajar siswa muatan IPA dengan menggunakan model CLL (Cycle Challenging Learning).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, disiplin siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh melalui teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika terlaksana dengan katagori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai katagori “Seluruh Siswa Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan katagori “ Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori “Seluruh Siswa Aktif” pada pertemuan 4. Disipin siswa mengalami penngkatan dengan katagori “Sangat Tinggi”. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 73 %,pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan 77%, pada pertemuan 3 mencapai ketentutas 86% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa seluruh siswa aktif, disiplin siswa sangat tinggi, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan model CLL (Cycle challenging learning) pada muatan IPA. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPA di kelas IV.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI