DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN, dan HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL CCL (CYCLE CHALLENGING LEARNING) di KELAS IV SDN ALALAK PADANG KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NUR RAHMATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


ABSTRAK

Rahmatullah,

Nur 2020. Meningkatkan Aktivitas, Disiplin, dan Hasil Belajar Pada Muatan IPA Menggunakan Model CLL (Cycle Challenging Learning) di Kelas IV SDN Alalak Padang Kabupaten Banjar. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D

 

 

Kata  Kunci: Aktivitas, Disiplin, Hasil Belajar, IPA, Cycle Challenging Learning. 

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di  kelas  IV SDN Alalak Padang Kabupaten Banjar yang disebabkan  oleh  siswa belum menunjukkan partisipasi aktif,pembelajaran tanpa didukung melakukan percobaan,siswa belum memiliki sikap ilmiah, serta pembelajaran yang berisifat satu arah. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa, disiplin siswa  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  muatan IPA dengan menggunakan model CLL (Cycle Challenging Learning).

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  jenis  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Teknik analisis data yang  digunakan  adalah  analisis  data  kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, disiplin siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh  melalui  teknik  pengukuran  hasil  belajar  berupa  tes  tertulis  siswa. Aktivitas  guru  dikatakan  berhasil  jika  terlaksana dengan  katagori  “Sangat  Baik”  dan aktivitas siswa mencapai katagori “Seluruh Siswa Aktif”. Hasil  belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan katagori  “ Sangat Baik”  pada pertemuan 4.  Aktivitas  siswa  mengalami  peningkatan  dengan kategori  “Seluruh Siswa Aktif”  pada pertemuan 4. Disipin siswa mengalami penngkatan dengan katagori “Sangat Tinggi”. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal  73 %,pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan  77%, pada pertemuan 3 mencapai ketentutas 86% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.

Berdasarkan  hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa seluruh siswa aktif, disiplin siswa sangat tinggi,  serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai  ketuntasan  secara  individu  maupun  klasikal  menggunakan  model CLL (Cycle challenging learning) pada muatan IPA.  Hasil  penelitian  ini  dapat disarankan  sebagai  alternatif  pemilihan  dan  penggunaan  model  pembelajaran  untuk mata pelajaran IPA di kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI