DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS IV SDN TELAGA BIRU 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NURKHAIRINA ADINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


Adinda, Nurkhairina. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) di Kelas IV SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping, Course Review Horay (CRH).

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa muatan IPS Tema Daerah Tempat Tinggalku. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sulit mengingat dan memahami pembelajaran dan bosan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin pada siswa kelas IV berjumlah 33 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan pada semester genap SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria Cukup Baik, pertemuan II mencapai kriteria Baik, pertemuan III dan terakhir IV mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria Kurang Aktif, pada pertemuan II mencapai kriteria Cukup Aktif, pada pertemuan ke III mencapai Kriteria Aktif, pada pertemuan terakhir IV mencapai kriteria Sangat Aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 33%, pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 52%, pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar 79%, pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 97%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH), dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan hipotesis dapat diterima. Sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dapat dijadikan salah satu pertimbangan dan alternatif dalam mengelola pembelajaran sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI