DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MELAKUKAN KEGIATAN IBADAH SHOLAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE, METODE PRAKTEK LANGSUNG DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK TANJUNG SARI BANJARMASIN
PENGARANG:NOVI RUSMINA AMBARWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-11


ABSTRAK

Ambarwati, Novi Rusmina. 2020. “Pengembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Dalam Melakukan Kegiatan Ibadah Sholat Menggunakan Model Picture And Picture, Metode Praktek Langsung Dan Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B TK Tanjung Sari Banjarmasin”. Skripsi Program S-1 PG-PAUD, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S. H., M. Pd.

 

Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Melakukan Kegiatan Ibadah Sholat, Model Picture and Picture, Metode Praktek Langsung, dan Media Audio Visual.

 

Kemampuan nilai agama dan moral anak dalam melakukan kegiatan ibadah sholat masih rendah. Hal ini dikarenakan tidak adanya model pembelajaran, dan masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton. Serta kurangnya media yang menarik bagi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam melakukan kegiatan ibadah sholat.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK Tanjung Sari Banjarmasin pada kelompok B dengan jumlah 10 orang anak. Data dikumpulkan dengan cara observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan indikator keberhasilan aktivitas guru termasuk kategori “sangat baik” apabila mencapai skor ≥23, aktivitas anak mencapai skor ≥82 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang êêêdengan kategori “berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada pertemuan ke-I memperoleh skor 14 dengan kriteria “cukup baik”, pertemuan ke-II memperoleh skor 22 dengan kriteria “baik” meningkat menjadi skor 27 pada pertemuan ke-III dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas anak pada pertemuan ke-I memperoleh nilai 30% dengan kriteria “kurang aktif”, pertemuan ke-II memperoleh nilai 70% dengan kriteria “aktif” meningkat menjadi nilai 90% pada pertemuan ke-III dengan kriteria “sangat aktif”. Dan hasil capaian perkembangan nilai agama dan moral anak pada pertemuan ke-I memperoleh bintang êêêêdengan skor 20% termasuk kategori “belum berkembang sesuai harapan” meningkat pada pertemuan ke-III dengan skor 90% termasuk kategori “berkembang sesuai harapan”.

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan model picture and picture, metode praktek langsung, dan media audio-visual dalam melakukan kegiatan ibadah sholat dapat meningkatkan aktivitas anak dan mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral anak dan hipotesis penelitian ini dapat diterima. Disarankan agar guru dapat menggunakannya sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan aspek nilai-nilai agama dan moral dalam melakukan kegiatan ibadah sholat dengan benar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI