DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL PUBG PADA SISWA KELAS V SDN KUIN CERUCUK 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKA NABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-11


Nabila, Rizka. 2020. “Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Model PUBG Pada Siswa Kelas V SDN Kuin Cerucuk 1 Kota Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah., M. Pd., Ph. D.

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Volume Kubus, Balok, dan Model PUBG.

Salah satu tujuan diberikannya pembelajaran matematika pada Era Revolusi Industri 4.0 adalah untuk mengembangkan high order thinking skills (HOTS). Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan pembelajaran matematika yang membiasakan siswa untuk berfikir penalaran, analisis, pemecahan masalah, berfikir kritis dan kreatif. Tetapi pada kenyataan pembelajaran matematika di sekolah dasar, khususnya di kelas V SDN Kuin Cerucuk 1 Kota Banjarmasin memiliki masalah seperti rendahnya aktivitas belajar siswa, rendahnya motivasi belajar siswa, tidak adanya interaksi antar siswa. Pembelajaran unik berorientasi pada benda nyata secara berkelompok dengan menyenangkan (PUBG) adalah salah satu solusi terbaik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, motivasi dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Kuin Cerucuk 1 Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. subjek penelitian adalah siswa kelas VB semester genap SDN Kuin Cerucuk 1 tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 26 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV menjadi 35 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 42% dengan kriteria aktif dan sangat aktif, meningkat pada pertemuan IV menjadi 97%. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 63% dengan kriteria tinggi dan sangat tinggi, dan pada pertemuan IV meningkat menjadi 97% dengan kriteria tinggi dan sangat tinggi. Ketuntasan Klasikal Hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 54%, dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 97%. Dengan demikian model PUBG dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi, dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI