DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Aktivitas Belajar , Partisipasi Dan Hasil Perkembangan Anak Dalam Mengenal Perilaku Baik dan Buruk Menggunakan Model EXTRA Pada Anak Kelompok A TK KARTIKA 2 Kecamatan Belawang
PENGARANG:MASDIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-11


Mengenal perilaku baik dan buruk harus dikenalkan sejak dini .hal ini akan mempengaruhi sikap atau perilaku kelak saat memasuki lingkungan Sosialnya. Masalah penelitian  ini yaitu rendahnya nilai agama dan moral anak dalam mengenal perilaku baik dan buruk serta kurangnya partisipasi anak dalam belajar .Salah Satu Upayanya adalah menggunakan Model EXTRA ( EXample non example , sToRy telling dan media flif chArt ) .Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Aktivitas Guru , Aktivitas Anak , Partisipasi anak dan Hasil Perkembangan anak . Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas . Penelitian dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan . Subjek penelitian Kelompok A TK Kartika 2 Kecamatan Belawang  sebanyak 12 anak . Instrumen yang digunakan yang menggunakan lembar observasi yaitu untuk aktivitas guru ,Aktivitas anak dan Partisipasi anak sedangkan hasil perkembangan anak diperoleh melalui teknik pengukuran dengan test individu . Dan analisis data digunakan dengan teknik deskriptif kualitatif dijabarkan dengan tabulasi dan grafik serta indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan . Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan  mencapai kriteria sangat baik, aktivitas anak secara klasikal mencapai persentase 42% naik menjadi 82 % dengan kriteria sangat aktif ,partisipasi anak mencapai persentase 50% naik menjadi 92 %  dengan kriteria partisipasi sangat tinggi dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari 33% menjadi 92 %  dengan kategori berkembang sangat baik . Disimpulkan bahwa model EXTRA berhasil memperbaiki Aktivitas guru , Meningkatkan Aktivitas anak dan Partisipasi anak sehingga hasil perkembangan anak juga mengalami peningkatan yang baik .Disarankan penggunaan model EXTRA sebagai referensi pembelajaran efektif  guna mewujudkan pembelajaran yang diharapkan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI