DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POSTING SEBAGAI INOVASI MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORATIF PADA MUATAN IPS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 5 BANJARMASIN
PENGARANG:LOLA YUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-11


ABSTRAK

Yunita, Lola. 2020. POSTING Sebagai Inovasi Model Pembelajaran dalam meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaboratif Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Muhammadiyah 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D. Kata Kunci : POSTING, Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Kolaboratif. Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa, memacu siswa untuk berpikir kritis dan berkolabotif. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif yaitu melalui penggunaan model pembelajaran POSTING (Problem sOlving baSed On metacogniTive questIoNs and cooperative Games). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa, keterampilan berpikir kritis, kolaboratif dan hasil belajar siswa. Bentuk luaran dari penelitian ini berupa buku saku model pembelajaran POSTING yang dapat dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 20 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa, angket keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV meningkat dari skor 24 menjadi skor 28. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 50% menjadi 100%. Keterampilan Berpikir Kritis pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 65% sampai 100%. Keterampilan kolaboratif pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan dari 85% hingga 100%. Sehingga berdampak pada hasil belajar aspek kognitif dari 50% hingga 100%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan dari 45% hingga 100%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% menjadi 100% secara klasikal. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model POSTING dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI