DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ASPEK MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI SEJARAH TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL SURVIVE SISWA KELAS V SDN PEMURUS DALAM 4 BANJARMASIN
PENGARANG:ELFA NUZULA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-12


 

ABSTRAK

 

Rahmah, Elfa Nuzula, 2020.Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Aspek Membaca Pemahaman Teks Narasi Sejarah Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Bahasa Indonesia dengan Model Survive Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

 

 

 

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Model Survive.

 

 

 

Membaca adalah dasar dari segala aspek kehidupan, pada Era Revolusi Industri 4.0 penerapan literasi sangat penting oleh karena itu bagaimana kita bisa memahami isi bacaan dari yang kita baca. Sedangkan permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Siswa cenderung hanya membaca teks tanpa memahami isi dari bacaan tersebut dan kurang melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang diharapkan belum dapat terpenuhi. Hal tersebut berdampak pada aktivitas, motivasi dan hasil belajar anak yang tidak akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar siswa pada penelitian ini.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang siswa. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu dan angket. Analisis data menggunakan teknik deskriftif analisi dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan presentase.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 26 dengan kategori sangat baik dalam melaksanakan pembelajaran, aktivitas siswa mencapai persentase 88% dengan kategori siswa sudah sangat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, motivasi belajar siswa mencapai persentase 100% dengan kategori sangat baik, Dan hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 100% dengan KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Pembelajaran Survive (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R) , Two Stay Two Stray dan Course Review Horay) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternative guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI