DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION KOMBINASI TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TIME TOKEN SISWA KELAS IV UPTD SDN KANDANGAN LAMA
PENGARANG:WAIBAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-12


Waibah. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Model Auditory Intellectually Repetition Kombinasi Teams Games Tournament dan Time Token Siswa  Kelas IV UPTD SDN Kandangan Lama. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci: Hasil Belajar, Matematika, Keliling dan Luas Bangun Datar, Auditory Intellectually Repetition, Teams Games Tournament, Time Token.

Permasalahan yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar  yang belum mencapai KKM ≥ 65. Penyebab rendanya hasil belajar siswa tersebut disebabkan kurangnya minat belajar siswa, kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran  berlangsung, dan tidak adanya penggunaan model/media pembelajaran yang bervariasi.  Oleh sebab itu dilakukan tindakan kelas dengan menerapkan model Auditory Intellectually Repetition kombinasi Teams Games Tournament dan Time Token dengan tujuan melihat aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di Kelas IV UPTD SDN Kandangan Lama, dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Diperoleh melalui teknik pengukuran atau pengamatan dengan tes tertulis siswa dan observasi aktivitas guru dan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi keliling dan luas bangun datar. Aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 26  dan 29 dengan kriteria baik, dan pada pertemuan 3 memperoleh skor 31 dengan kriteria pencapaian sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan klasikal pada pertemuan 1 mencapai 47% dengan kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai 61% dengan kriteria aktif, dan pada pertemuan 3 mencapai 79% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 44%, pertemuan 2 mencapai 61%, dan pada pertemuan 3 mencapai 82%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan model Auditory Intellectually Repetition kombinasi Teams Games Tournament dan Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN Kandangan Lama. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini disarankan kepada guru untuk  menggunakan model ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika  materi keliling dan luas bangun datar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI