DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DALAM MENUNJUKKAN SIKAP MANDIRI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES, ROLE PLAYING DAN MULTIMEDIA PADA ANAK KELOMPOK A RAUDATHUL ATHFALSULTAN SURIANSYAH BANJARMASIN
PENGARANG:SAIDATUL NAFISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


Permasalahan dalam penelitian ini adalah sosial anak dalam menunjukkan sikap mandiri masih kurang dikarenakan rendahnya aktiviatas anak disekolah serta anak tidak diberi kesempatan untuk melakukan hal sendiri karena guru sering membantu setiap aktivitas. Untuk mengatasinya menggunakan kombinasi Model Examples Non Examples, Role Playing Dan Multimedia yang mampu memberikan pengalaman langsung serta membuat pelajaran menjadi lebih terarah, aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial anak kelompok A Raudathul Athfal Sultan Suriansyah Banjarmasin.

Penelitian ini dilaksanakan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting penelitian adalah anak kelompok A Raudathul Athfal Sultan Suriansyah Banjarmasinyang berjumlah 14anak. Data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dengan indikator ≥30 (Sangat baik), aktivitas anak dengan indicator ≥82% (Sangat aktif) dan hasil belajar pengembangan dalam menunjukkan sikap mandiri dengan indikator ≥ 86% atau lebih memperoleh bintang **** (Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian kemampuan sosial anak dalam menunjukkan sikap mandiri menggunakan kombinasi model examples non examples, role playing dan multimedia dalam menunjukkan sikap mandiri aktivitas guru, aktivitas anak, serta hasil belajar pengembangan menunjukkan sikap mandiri dapat dinyatakan berhasil.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebihbaik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI