DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK SELATAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:MAHMILA FAHRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


Fahrina, Mahmila. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Think Pair Share (TPS) dan Scramble Pada Siswa Kelas IV SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Indahnya Keragaman di Negeriku, Kombinasi Model Group Investigation (GI), Think Pair Share (TPS), dan Scramble.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif, kurangnya antusias siswa dalam mengemukakan pendapat, pembelajaran bersifat satu arah dan kurangnya motivasi belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasinmuatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Group Investigation (GI), Think Pair Share (TPS)dan Scramble.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genapSDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 30 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria "baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik”, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria “kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria “cukup aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 60%, pertemuan II mencapai 76,67%, pertemuan III mencapai 86,67%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation (GI), Think Pair Share (TPS)dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS pada siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI