DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, MOTIVASI DAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENCOCOKKAN BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL LINGKARAN (taLkING stick, maKe A match, dan pembeRiAN tugas) DI KELOMPOK B TK DARUSSALAM KEC. MANDASTANA BATOLA
PENGARANG:ALAWIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi, serta aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Penyebab permasalahan tersebut karena kurangnya stimulus yang di berikan guru dalam membilang, anak kurang fokus, dan pembelajaran kurang menarik. Untuk mengatasinya digunakan kombinasi model LINGKARAN yang mampu memberikan pengalaman langsung serta dapat membuat pembelajaran menjadi lebih terarah, aktif dan menyenangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi belajar dan perkembangan kognitif anak kelompok B TK Darussalam Kec. Mandastana Batola.  Penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting penelitian dilakukan di TK Darussalam Mandastana pada anak kelompok B yang berjumlah 17 anak. Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi belajar anak, dan hasil perkembangan anak. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriftif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai skor maksimal yaitu dengan persentase 94% dengan kreteria Sangat Aktif (hampir seluruh anak ≥ aktif), motivasi belajar anak mencapai skor maksimal dengan presentasi 94% dengan kriteria “Sangat Termotivasi”sedangkan untuk hasil perkembangan kognitif secara klasikal mencapai persentase 94% artinya berkembang sesuai harapan (BSH) dengan bintang (êêê).Sehingga penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model LINGKARAN dapat mengembangkan aktivitas anak, motivasi, dan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan pada anak kelompok B TK Darussalam Kec. Mandastana Batola. Maka penelitian ini disarankan kepada guru agar hasil penelitian ini dapat menjadikan masukan dalam memperbaiki dan mengingkatkan proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI