DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENGENAL PERILAKU BAIK/SOPAN DAN BURUK MENGGUNAKAN METODE STORY TELLING KOMBINASI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK DARUSSALAM KECAMATAN MANDASTANA KABUPATEN BATOLA
PENGARANG:AGNINA LUTHFIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


Permasalahan yang ditemukan adalah belum berkembangnya nilai agama dan moral dalam mengenal Perilaku Baik/sopan dan Buruk. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan mengajar hanya melalui ceramah secara Klasikal, tanpa ada media yang jelas dapat dilihat oleh anak dan tidak memberikan penugasan yang terkait dengan materi. Jika ini dibiarkan, pembentukan karakter yang ingin dicapai menjadi tidak optimal dan belum dapat mencapai indikator yang ditentukan, sehingga membuat anak tidak dapat berperilaku baik/sopan. Permasalahan ini diperbaiki menggunakan. Metode Story Telling kombinasi model Examples non Examples, dan metode Pemberian Tugas. Digunakannya model tersebut diharapkan dapat megatasi penyebab dari masalah dan dapat mengembangkan perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak dalam kegiatan pengembangan NAM.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di TKDarussalamdengan jumlah anak15 orang yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil pada proses pembelajaran serta memberikan lembar kerja anak yang dilakukan setiap akhir pertemuan. Analisis data secara diskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi  menggunakan persentase. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor ≥30 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase ≥82% kategori “sangat aktif” dan hasil pengembangan anak minimal mendapat bintang êêê (BSH).

Hasil penelitian  aktivitas guru berada pada kategori“sangat baik”, Aktivitas anak menunjukkan peningkatan mencapai kategori “sangat aktif”, sedangkan hasil pengembangan NAM mencapai kategori “Berkembang Sangat Baik”.Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Story Telling, kombinasi model Examples non Examples dan Pemberian Tugas pada anak kelompok A TK Darussalam dalam Mengenal Perilaku Baik/sopan dan Buruk mengalami perkembangan yang optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan NAM anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI