DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME), SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS IV B SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:FIKRY AKBARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


ABSTRAK

Akbari, Fikry. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kombinasi Model Realistic Mathematics Education (RME), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dan Course Review Horay (CRH) di Kelas IV B SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Abdul Salam M., S. Pd., M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Materi Keliling dan Luas Bangun Datar, Realistic Mathematics Education (RME), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dan Course Review Horay (CRH).

Permasalahan dalam penelitian ialah rendahnya aktivitas belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat abstrak dan hafalan, kurang menuntut siswa berpikir kritis, kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, serta pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Maka, inovasi pembelajaran menggunakan kombinasi modelRealistic Mathematics Education (RME), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dan Course Review Horay (CRH) perlu diadakan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV B SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin.

Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B semester genap SDN Antasan Kecil Timur 1 tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis data menggunakan data aktivitas guru dan siswa, serta data hasil belajar siswa. Penelitian dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai skor ≥30 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai persentase ≥80% dengan kriteria “Sangat Aktif”, serta hasil belajar mencapai persentase ketuntasan klasikal sebesar 80% dengan KKM 70. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata skor 28 dengan kriteria “Baik” meningkat menjadi skor 35 dengan kriteria “Sangat baik” pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase klasikal 22,92% meningkat menjadi 83,34% pada siklus II terhadap siswa yang mendapatkan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 41,67% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II terhadap ketuntasan siswa secara klasikal.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Realistic Mathematics Education (RME), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Maka disarankan kepada guru agar model pembelajaran tersebut bisa dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI