DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN MATERI MENGHARGAI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MENGGUNAKAN MODEL BELANG KEMBAR PADA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 1 BENUA RAYA KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:SARI NOOR APRILYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


ABSTRAK

Aprilyani, Sari Noor. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Muatan PPKN Materi Menghargai Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Model Belang Kembar pada Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 1 Benua Raya Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhafizah, S.T., M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Muatan PPKn, Belang Kembar

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada muatan PPKN materi menghargai keberagaman karakteristik individu pada kelas IV UPTD SD Negeri 1 Benua Raya Kabupaten Tanah Laut. Disebabkan siswa kurang berfikir kritis dan kreatif, kesulitan mengingat materi, tidak berperan aktif kurang motivasi, tidak berani mengemukakan pendapat. Karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 23 orang. Teknik analisis data berupa lembar observasi guru, siswa, sedangkan data kuantitatif melalui pengukuran hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari ketercapaian indicator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh skor 32 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 100%. Hal ini karena siswa mampu berpikir kritis dan berpartisipasi aktif. Hasil belajar siswa aspek kognitif memperoleh 60.86%, afektif 39.13%, dan psikomotorik 34.78%  meningkat pada pertemuan 4 aspek kognitif, afektif dan psikomotorik memperoleh 100%. Peningkatan ini tidak lepas dari faktor guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih berpartisipasi dalam kelompok.

Dapat disimpulkan bahwa model Belang Kembar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar. Penelitian ini disarankan kepada guru sebagai masukan dan pertimbangan dalam menentukan model pembelajaran, kepala sekolah sebagai salah satu alternatif untuk dijadikan sebagai bahan masukan membina guru, peneliti selanjutnya dapat menjadikannya referensi untuk melakukan penelitian.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI