DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 “LINGKUNGAN SAHABAT KITA” MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PAIS DAN LEMPER (PARA SISWA DISKUSI BERPASANGAN DENGAN MELEMPAR BOLA) DI KELAS V SDN PEMATANG PANJANG KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NUR AZKIYA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


 

Rahmi, Nur Azkiya 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” Muatan IPS Menggunakan Model Pais Dan Lemper (Para Siswa Diskusi Berpasangan Dengan Melempar Bola) Di Kelas V SDN Pematang Panjang Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Abdul Salam M, S.Pd., M.Pd .

 

 

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Muatan IPS, Pais dan Lemper.

 

 

 

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS materi Jenis-Jenis Usaha Perekonomian di Masyarakat pada kelas V SDN Pematang Panjang Kabupaten Banjar. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang aktif atau pasif, siswa kurang percaya diri untuk bertanya dan mengemukakan pendapat, siswa kurang mengingat materi yang diajarkan oleh guru. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas V SDN Pematang Panjang Kabupaten Banjar, diberikan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model Pais Dan Lemper (Para Siswa Diskusi Berpasangan Dengan Melempar Bola) atau kombinasi model Group Investigation, Think Pair and Share dan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan model tersebut

 

Peneliatian ini dilaksanakan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.  Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 22-28 kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥82% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. 

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh skor 28 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa memperoleh  96% dengan kriteria sangat aktif  dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 96%. 

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Pais Dan Lemper (Para Siswa Diskusi Berpasangan Dengan Melempar Bola) atau dari kombinasi model Group Investigation, Think Pair and Share dan Snowball Throwing  menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Disarankan bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran khususnya pada muatan IPS materi Jenis-Jenis Usaha Perekonomian di Masyarakat dalam meningkatkan kualitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa sehingga proses pembelajaran berjalan dengan optimal.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI