DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 MUATAN PPKN MATERI “KEBERAGAMAN DI INDONESIA” MENGGUNAKAN KOMBINASI PROTAKE KING STICK (PROBLEM SOLVING, TAKE AND GIVE, DAN TALKING STICK) PADA KELAS IV SDN MURUNG RAYA 2 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


ABSTRAK

Muhammad Fitri, 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema 7

Muatan PPKn Materi “Keberagaman Di Indonesia” Menggunakan Kombinasi Protake King Stick (Problem Solving, Take And Give, dan Talking Stick) Pada Kelas IV SDN Murung Raya 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci      : Aktivitas dan hasil Belajar Siswa, Problem Solving, Take and 

                          Give, dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, karena siswa tidak mampu berfikir kritis, tidak antusias, dan tidak siap dalam mengemukakan pendapat sehingga mengakibatkan nilai hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Protake King Stick (Problem Solving, Take and Give, dan Talking Stick). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Murung Raya 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui, teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 37,93%, pertemuan II mencapai 55,17%, pertemuan III mencapai 72,41%, dan pertemuan IV mencapai 93,10%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Solving, Take and Give, dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema 7 materi “Keberagaman di Indonesia” di kelas IV SDN Murung Raya 2 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI