DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENEMUKAN INFORMASI PADA MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIKOMBINASI DENGAN MODEL JIGSAW DAN SCRAMBLE PADA KELAS IV SDN SUNGAI LUMBAH 3 BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD ILHAM MAJIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


ABSTRAK

 

Majidi, Muhammad Ilham. 2020. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dikombinasi Dengan Model Jigsaw dan Scramble Pada Kelas IV SDN Sungai Lumbah 3 Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Nanik Mariani, M.Pd.

 

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, CIRC, Jigsaw, Scramble.

 

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini yaitu pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan rendahnya pemahaman siswa tentang materi dan kurang percaya diri. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung pada materi membaca pemahaman dari suatu teks sehingga membuat hasil belajar siswa tidak tercapai. Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui model CIRC, dikombinasi dengan model jigsaw dan scramble guru dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam kegiatan membaca.

Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada kelas IV SDN Sungai Lumbah 3 tahun ajaran 2019/2020 mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang membaca pemahaman dari suatu teks. Jumlah siswa yaitu dari 23 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data aktivitas yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan data hasil siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dilaksanakan dengan sangat baik. Pada pertemuan 1 mencapai 67%, pertemuan 2 mencapai 75%, pertemuan 3 mencapai 86%, dan pada pertemuan 4 mencapai 97%. Aktivitas siswa juga dilaksanakan dengan sangat baik. Pada pertemuan 1 mencapai 26%, pertemuan 2 mencapai 30%, pertemuan 3 mencapai 56%, dan pada pertemuan 4 mencapai 87%. Kemudian ada hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan 1 mencapai 48%, pertemuan 2 mencapai 61%, pertemuan 3 mencapai 70%, dan pada pertemuan 4 mampu mencapai 87% siswa yang tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar dalam keterampilan membaca pemahaman menggunakan model CIRC, dikombinasi dengan jigsaw dan scramble pada kelas IV SDN Sungai Lumbah 3 meningkat. Disarankan agar model ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi membaca pemahaman pada suatu teks.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI