DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN MODEL KOMBINASI GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS V SDN SUNGAI LUMBAH 3 KABUPATEN BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD SAIFULAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-13 |
Saifulah, Muhammad, 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan PPKN Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Dengan Model Kombinasi Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) Dan Course Review Horay (CRH) Di Kelas V SDN Sungai Lumbah 3 Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), Course Review Horay (CRH)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas V SDN Sungai Lumbah 3 yang disebabkan oleh siswa kurang terlibat langsung dalam pembelajaran, pembelajaran kurang menarik dan cenderung membosankan, dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Tema Peristiwa Dalam Kehidupandengan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) Dan Course Review Horay (CRH).
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Sungai Lumbah 3 Kabupaten Barito Kuala dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 21 kriteria “Cukup Baik”, meningkat menjadi skor 33 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 22,23% kriteria “Kurang aktif ” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 88,24% kriteria “Sangat Aktif ”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 38,88% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 88,24%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan dengan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) Dan Course Review Horay (CRH) pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajarann untuk mata pelajaran PPKn Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas V.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI