DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING, THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN PEMURUS DALAM 6 BANJARMASIN
PENGARANG:FENY VAJRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-13


ABSTRAK

Vajriani, Feny. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Problem Solving, Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick di Kelas IV SDN Pemurus Dalam 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci      : Kegiatan Ekonomi, Kondisi Lingkungan, Jenis Pekerjaan, Industri, Problem Solving, Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick.

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah siswa bersifat pasif, motivasi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS rendah juga kurangnya penguasaan siswa terhadap muatan IPS pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan kondisi lingkungan dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Pemurus Dalam 6 banjarmasin yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah KKM.  Penyebab dari masalah tersebut adalah siswa kurang dilibatkan secara aktif, model dan media kurang menarik dan pembelajaran berlangsung satu arah. Solusi dalam mengatasi masalah di atas  adalah melakukan pembelajaran menggunakan kombinasi model Problem Solving dengan Think Pair Share dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi berdasarkan kondisi lingkungan dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Pemurus Dalam 6 Banjarmasin menggunakan kombinasi model Problem Solving dengan Think Pair Share dan Talking Stick.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Pemurus Dalam 6 Banjarmasin yang berjumlah 28 siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, motivasi belajar yang didapat melalui pengisian angket, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥70.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model Problem Solving dengan Think Pair Share dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi siswa, dan hasil belajar siswa.

Disarankan kepada guru di SDN Pemurus Dalam 6 Banjarmasin khususnya pada muatan IPS untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan kombinasi model Problem Solving dengan Think Pair Share dan Talking Stick.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI