DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL POLA BERDASARKAN UKURAN MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KOMBINASI MODEL TAKE AND GIVE DAN PAIR CHECK PADA KELOMPOK A TK PKK PELAMBUAN BANJARMASIN
PENGARANG:RIA RAHMALINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


ABSTRAK

Rahmalina, Ria. 2020. Mengembangkan Kognitif Anak dalam Mengenal Pola Berdasarkan Ukuran Menggunakan Model Explicit Instruction Kombinasi Model Take and Give dan Pair Check pada Anak Kelompok A TK PKK Pelambuan Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci :  Kognitif, Mengenal Pola berdasarkan Ukuran, Explicit Instruction, Take and Give, Pair Check.

 

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil perkembangan kognitif anak kelompok A dalam mengenal pola berdasarkan ukuran. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya keterlibatan anak secara langsung saat mengikuti kegiatan pembelajaran, dan kurangnya semangat anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek kognitif dalam mengenal pola berdasarkan ukuran menggunakan model explicit instruction kombinasi model take and give dan pair check.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK PKK Pelambuan Banjarmasin yang berjumlah 16 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif.  Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembanagn kognitif anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian  ini adalah jika aktivitas guru mencapai kategori baik, aktivitas anak ncapai kategori aktif, dan hasil perkembangan kognitif anak ≥ 80% minimal mendapat bintang ««« (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model explicit instruction kombinasi model take and give dan pair check dapat meningkatkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 26 meningkat menjadi 36 pada pertemuan 3 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 memperoleh skor 44% meningkat pada pertemuan 3 memperoleh skor 88% dengan kriteria “ Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan kognitif anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 9 anak memperoleh bintang ««« (BSH) dan 4 anak memperoleh bintang «««« (BSB) dengan persentase 81,25%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Explicit Instruction kombinasi model Take and Givedan Pair Checkdapat meningkatkan aktivitas belajar di kelompok A PKK Pelambuan Banjarmasin dan hipotesis tersebut dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI