DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TENDA PADA KELAS V SDN HILIR MESJID BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | NORMI ERYANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-14 |
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa.
Ini disebabkan karena proses pembelajaran kurang berpikir kritis dan bersikap
ilmiah, kurang keaktifan dan minat siswa serta pembelajaran berjalan satu arah.
Untuk mengatasi permasalahan dengan model pembelajaran Tenda kombinasi
model Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together dan Word Square.
Penelitian bertujuan mengetahui aktivitas guru dan siswa yang berdampak pada
hasil belajar siswa.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian
Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas V SDN Hilir Mesjid Barito Kuala
tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 19 orang. Jenis data adalah data kualitatif
dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari obervasi aktivitas guru dan siswa.
Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu.
Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan
belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru pertemuan 1
sampai 4 meningkat dari 26 hingga 35 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa
pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 52,6% hingga 94,7% dengan kriteria
sangat aktif. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar siswa aspek
kognitif pertemuan 1 sampai 4 dari 52,6% hingga 94,7%, aspek afektif pertemuan
1 sampai 4 dari 63,2% hingga 100% dan aspek kognitif dari pertemuan 1 sampai 4
dari 57,9% hingga 94,7%.
Dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada Tema 8 Lingkungan
Sahabat Kita menggunakan model pembelajaran Tenda pada kelas V SDN Hilir
Mesjid Barito Kuala meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi
guru sebagai pertimbangan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, siswa
dapat memperbaiki gaya belajar, kepala sekolah sebagai masukan pembinaan guru
dan peneliti selanjutnya untuk bahan referensi.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI