DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TENDA PADA KELAS V SDN HILIR MESJID BARITO KUALA
PENGARANG:NORMI ERYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. 

Ini disebabkan karena proses pembelajaran kurang berpikir kritis dan bersikap 

ilmiah, kurang keaktifan dan minat siswa serta pembelajaran berjalan satu arah. 

Untuk mengatasi permasalahan dengan model pembelajaran Tenda kombinasi 

model Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together dan Word Square. 

Penelitian bertujuan mengetahui aktivitas guru dan siswa yang berdampak pada 

hasil belajar siswa.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian 

Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas V SDN Hilir Mesjid Barito Kuala 

tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 19 orang. Jenis data adalah data kualitatif 

dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari obervasi aktivitas guru dan siswa. 

Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. 

Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan 

belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru pertemuan 1 

sampai 4 meningkat dari 26 hingga 35 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa 

pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 52,6% hingga 94,7% dengan kriteria 

sangat aktif. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar siswa aspek 

kognitif pertemuan 1 sampai 4 dari 52,6% hingga 94,7%, aspek afektif pertemuan 

1 sampai 4 dari 63,2% hingga 100% dan aspek kognitif dari pertemuan 1 sampai 4 

dari 57,9% hingga 94,7%.

Dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada Tema 8 Lingkungan 

Sahabat Kita menggunakan model pembelajaran Tenda pada kelas V SDN Hilir 

Mesjid Barito Kuala meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi 

guru sebagai pertimbangan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, siswa 

dapat memperbaiki gaya belajar, kepala sekolah sebagai masukan pembinaan guru 

dan peneliti selanjutnya untuk bahan referensi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI