DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Identifikasi Risiko Pada Proyek Pembangunan Gedung Bertingkat Mayapada Banua Center
PENGARANG:MUTIA FEBRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT MAYAPADA BANUA CENTER

Mutia, Eliatun, M.T.

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax. (0511) 4781730

Email : mutiafebriyanti6@gmail.com

 

ABSTRAK

Risiko dapat dikatakan merupakan akibat yang mungkin terjadi secara tidak terduga. Selalu terdapat kemungkinan tidak tercapainya suatu tujuan atau selalu terdapat ketidakpastian atas keputusan apapun yang diambil, untuk itu diperlukan kemampuan untuk mengolah dan mempelajari risiko yang ada.Oleh karena itu, analisis manajemen risiko dan identifikasi risiko dalam pembangunan bangunan gedung menjadi penting untuk dilakukan.

Pada proyek pembangunan gedung bertingkat, risiko yang terjadi bisa sangat banyak dalam beberapa aspek. Adapun pada proyek pembangunan gedung bertingkat Mayapada Banua Center, faktor risiko apa saja yang ada disana dan faktor risiko apa saja yang paling berpengaruh terhadap jalannya proyek tersebut.

Survei dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuisioner kepada 10 orang responden yang bekerja pada proyek pembangunan gedung bertingkat Mayapada Banua Center. Hasil survei yang didapatkan dianalisa dengan metode skala likert dan metode matriks untuk menentukan faktor-faktor penilaian probabilitas dan penilaian dampak sehingga dapat diketahui besaran risiko yang berpengaruh.

Hasil identifikasi faktor risiko pada proyek pembangunan gedung bertingkat Mayapada Banua Center, didapatkan 16 variabel risiko dominan dari 8 kategori variabel risiko yaitu kategori manusia, peralatan, bahan, metode, waktu, lingkungan, faktor eksternal dan faktor kontraktual. Dari hasil analisa didapatkan bahwa risiko yang paling berpengaruh pada proyek gedung bertingkat Mayapada Banua Center adalah kategori risiko manusia (man) dengan faktor risiko kurangnya ketersediaan tenaga kerja yang kompeten.

Kata Kunci : Risiko, faktor risiko, identifikasi risiko, analisa risiko

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI