DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL ANTAM (Aktivitas belajar iNvestigasi, Teams Achievement, dan Manipulasi kata) DI KELAS IV SDN BELITUNG SELATAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:IBNU HISYAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswadi kelas IV ASDNBelitung Selatan 7 Banjarmasin yang disebabkanoleh proses pembelajaran yang monoton, kebiasaan belajar satu arah, pembelajaran yang bersifat abstrak, kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran, dan pembelajaran yang tidak bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa muatan PPKn Tema Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan model ANTAM.

 

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan di kelas IV A SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan secara kualitatif, yaitu observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi siswa, sedangkan secara kuantitatif, yaitu melalui tes tertulis.Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dandigambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan menggunakan kriteria pada masing-masing indikatorkeberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 30 kriteria “Baik”, meningkat menjadi 34 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 47,06% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 84,21% kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 58,82% kriteria “Cukup Tinggi” dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 89,47% kriteria “Sangat Tinggi”. Begitu juga dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 64,71% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 84,21%.

Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwa aktivitas guru terlaksana sesuai rencana, aktivitas siswa, motivasi, serta hasil belajar meningkat secaraindividualmaupunklasikal menggunakan model ANTAMpada muatan PPKn.Hasilpenelitianinidapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan  model  pembelajaran untuk muatan PPKndi kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI