DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SWELLING POTENTIAL DAN SWELLING PRESSURE PADA CAMPURAN CLAYSTONE DAN BENTONITE YANG DIPADATKAN
PENGARANG:HUSAINI MUSLIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


SWELLING POTENTIAL DAN SWELLING PRESSURE PADA CAMPURAN CLAY STONE DAN BENTONITE YANG DIPADATKAN

Oleh:

Husaini Muslim

Pembimbing Utama:

Dr.-Ing. Yulian Firmana Arifin,S.T.,M.T.

1.                                                                                 ABSTRAK

 

Tanah ekspansif merupakan tanah berbutir halus yang sering menyebabkan masalah bagi konstruksi bangunan sipil, salah satu tanah ekspansif ialah bentonite, meskipun ekspansif biasanya digunakan untuk campuran mineral pada TPA. Lebih dari 8000 m3 clay stone ditemukan pada Proyek Pembangunan TPA Regional Banjarbakula. Material ini dibuang dan tidak digunakan. Padahal, saat ini banyak peneliti yang berupaya menggunakan clay stone sebagai material penghalang atau clay liner. Hasil uji awal clay stone tersebut yang dicampur dengan bentonite memperlihatkan bahwa permeabilitasnya memenuhi standar kriteria sebagai lapisan mineral pada TPA. Hanya saja, perilaku pengembangan yang terjadi pada campuran tersebut belum diteliti.

Pengujian perilaku pengembangan menggunakan alat oedometer. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku potensi mengembang serta tekanan mengembang campuran tanah clay stone dan bentonite yang dapat digunakan sebagai penutup lapisan TPA. Penelitian ini menggunakan lima tipe campuran dibuat berdasarkan kadar bentonite sebesar 0%  5%, 10%, 15%, dan 20%. Kepadatan sampel 1,60 t/m3 dengan kadar air berbeda 10%, 15%, dan 20% yang ditentukan berdasarkan kurva standar Proctor. Uji potensi mengembang dilakukan dengan metode uji pengembangan berdasarkan ASTM D4546-96 dan uji tekanan mengembang dilakukan dengan metode uji yang berdasarkan ASTM D2435-96.

Hasil analisa menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar bentonite maka semakin besar potensi mengembang yang terjadi. Tekanan mengembang sampel juga sangat dipengaruhi oleh kadar bentonite pada sampel. Semakin tinggi kadar bentonite maka semakin tinggi tekanan mengembang sampel. Pengembangan sampel juga dipengaruhi oleh kadar air, pada kadar air optimal didapatkan potensi mengembang serta tekanan mengembang maksimal.

Kata Kunci : Clay stone, Bentonite, Potensi Mengembang, Tekanan Mengembang, Clay Liner, Oedometer.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI