DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN ALALAK SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:WINDA MAHARTIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


 

Mahartika, Winda. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Volume Bangun Ruang Balok Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Dikombinasikan Dengan Model Team Assited Individualization (TAI) dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. Zulkifli, M.Pd.

 

 

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika, Volume Bangun Ruang Balok, Realistic Mathematics Education, Team Assited Individualization, dan Snowball Throwing

 

 

            Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil pembelajaran matematika materi volume bangun ruang balok kelas V SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Hal ini disebabkan belum tersajinya pembelajaran yang memuat siswa berpikir secara ilmiah dan bermakna, karena pembelajaran didominasi oleh metode ceramah dan penugasan. Kegiatan pembelajaran kurang mengembangkan rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang ada disekitar siswa dan sikap positif. Kurangnya keaktifan siswa membuat kegiatan pembelajaran kurang menyenangkan maupun menantang. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, perlu diadakan inovasi dalam penggunaan kombinasi model Realistic Mathematics Education (RME), Team Assited Individualization (TAI), dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin Tahun Ajaran 2020, dengan jumlah siswa sebanyak 31siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran berupa hasil evaluasi belajar siswa.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 30 kriteria “Baik” dan meningkat pada pertemuan IV menjadi 39 dengan kriteria “Sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 37% dengan kriteria cukup aktif, dan pertemuan IV mencapai 97% dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa berhasil mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan, yakni ≥80% siswa mendapatkan nilai 70.  

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Realistic Mathematics Education (RME),Team Assited Individualization  (TAI), dan Snowball Throwingdapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa telah mencapai kritera ketuntasan secara individu dan klasikal. Dengan demikian hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan referensi dalam pemilihan model yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang balok.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI