DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR DENGANMENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION, INKUIRI DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN BARAMBAI 1 MARABAHAN
PENGARANG:KARIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


vLEMBAR PERSETUJUAN TIM PENGUJI

viABSTRAKKarim. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education, Inkuiridan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Barambai 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala”.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Abdul Salam M., S.Pd., M.Pd.Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Luas dan Keliling Bangun Datar, Realistic Mathematic Education(RME), Inkuiridan Course Review Horay(CRH).Permasalahan dalam penelitian ialah kurangnya partisipasi aktifmuriddalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifatkonvensional, tidak menggunakan model pembelajaran dan media pendukung.Murid kurang termotivasi terhadappembelajaran matematika, serta kebermaknaanpembelajaran masih belum dirasakan oleh murid sehingga hasil belajar yangdiperoleh siswa masih di bawah KKM. Maka, inovasipembelajaran menggunakan model PembelajaranRealistic Mathematic Education(RME), Inkuiridan Course Review Horay(CRH)perlu diadakan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkanaktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materikeliling dan luasbangun datar di kelas IV SDN Barambai 1 Kabupaten Barito Kuala. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatifdengan jenisPenelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yangmasing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelasIV semester genap SDN Barambai 1 Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2019/2020.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatifdiperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ≥30(sangat baik) dan aktivitas siswadengan indikator keberhasilan 75% (sangataktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis danpenilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkanindikator ketuntasan belajar secara individu siswa mendapatkan nilai =70 dansecara klasikal =70% dari siswa mendapatkan nilai ketuntasan =70 Hasil penelitian menunjukkan denganmenggunakanmodel pembelajaranRealistic Mathematic Education(RME), Inkuiridan Course Review Horay(CRH)dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran RME dikombinasikan Inkuiri dan CRHdapat meningkatkan aktivitasanak yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar anak. Sangat diharapkan gurubisa menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakanpembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untukmeningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI