DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU KOMPRESI DAN REBOUNDED 1 DIMENSI PADA CAMPURAN CLAYSTONE DAN BENTONITE YANG DIPADATKAN
PENGARANG:DHANDY PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


PERILAKU KOMPRESI DAN REBOUNDED 1 DIMENSI PADA CAMPURAN CLAYSTONE DAN BENTONITE YANG DIPADATKAN

 

Dhandy Pratama1, Yulian Firmana Arifin2

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

Telp. (0511)47738568-4781730 Fax.(0511)4781730

Email:dhandy.pratama98@gmail.com1 , y.arifin@ulm.ac.id2

 

1                                                                                              ABSTRAK

Claystone sekarang ini mudah ditemukan sehingga banyak peneliti yang berupaya menggunakan claystone tersebut sebagai material penghalang atau clayliner. Lebih dari 8000 m3 claystone ditemukan Pada Proyek Pembangunan TPA Regional Banjarbakula. Pernah dilakukan pengujian permeabilitas claystone yang dicampur dengan bentonite dan mendapatkan hasil permeabilitasnya memenuhi standar kriteria sebagai lapisan mineral pada TPA. Namun, belum pernah diteliti bagaimana perilaku kompresi yang terjadi pada campuran tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku kompresi dan rebounded campuran tanah claystone dan bentonite yang dapat digunakan sebagai penutup lapisan TPA. Penelitian ini menggunakan empat tipe campuran yang dibuat berdasarkan kadar bentonite sebesar 5%, 10%, 15%, dan 20% dengan tambahan sampel claystone sepenuhnya (100% claystone).  Kepadatan sampel 1,60 t/m3 dengan kadar air berbeda 10%, 15%, dan 20% yang ditentukan berdasarkan kurva standar Proctor. Uji kompresi/konsolidasi dilakukan dengan metode pengujian konsolidasi tanah satu dimensi berdasarkan SNI 03-2812-2011.

Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa perilaku kompresi sampel campuran claystone dan bentonite dipengaruhi oleh persentase bentonite dan kadar air sampel. Dimana semakin tinggi kadar bentonite, semakin besar koefisien cc dan cs.  Pada kadar bentonite yang sama, sampel dengan kadar air mula-mula lebih tinggi menghasilkan koefisien cc dan cs yang lebih tinggi. Waktu pemampatan juga dipengaruhi oleh kadar bentonite. Meskipun terlihat scatter, semakin tinggi kadar bentonite, koefisien cv cenderung semakin tinggi.

Kata Kunci : Claystone, Bentonite, Penurunan, Indeks Pemampatan (Cc), Indeks Pemuaian (Cs), Koefisien Konsolidasi (Cv), Clay Liner.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI