DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA KOMISI PEMILIHAN UMUM UNTUK PENINGKATAN PARTISIPASI KAUM MILENIAL DALAM PEMILIHAN UMUM DI INDONESIA
PENGARANG:ARIATI NABELLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


UPAYA KOMISI PEMILIHAN UMUM UNTUK PENINGKATAN PARTISIPASI KAUM MILENIAL DALAM PEMILIHAN UMUM DI INDONESIA

 

Ariati Nabella

 

ABSTRAK

 

Tanggungjawab Komisi Pemilihan Umum adalah sosialisasi pemilu sebagai proses pembentukan dan pengembangan kompetensi kewarganegaraan saat ini merupakan suatu kebutuhan dasar bagi pemilih pemula serta kaum milenial.Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum kepada kaum milenial tentang pemilu dimedia sosial juga bisa menjadi jembatan dalam menyampaikan informasi terkait politik ataupun informasi kepemiluan dalam pelaksanaan sebuah perhelatan Pemilu baik Pemilukada maupun Pemilu nasional.  Komisi Pemilihan Umum menjadi salah satu sumber informasi yang dapat di akses publik dengan mudah dan cepat dengan menyajikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tujuan adalah 1) mengetahui partisipasi kaum milenial dalam ajang pemilihan umum. 2) mengetahui upaya Komisi Pemilihan Umum dalam meningkatkan partisipasi pemilu kaum milenial serta meminimalisir angka golput.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertamapartisipasi kaum milenial dalam Pemilu di Indonesia selama ini terkadang mereka masih apatis atau acuh  terhadap pemilu karena kebanyakan mereka memiliki rasa kekecewaan terhadap pemilu dimasa sebelumnya yang akan berdampak pada pemilu setelahnya, kaum milenial merasa kurang sosialisasi dan informasi yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum terkait pemilu serta terkadang kaum milenial sendiri kurang melihat dari segi pemilu ada citra positif dari sosialisasi pemilu yang dibentuk oleh media. Kedua upaya Komisi Pemilihan Umum untuk meningkatkan partisipasi pemilu bagi kaum milenial dalam melaksankaan sosialisasi dengan cara dalam melakukan tugas dan fungsinya Komisi Pemilihan Umum pada kaum milenial dengan memanfaatkan media elektronikwhatsapp, facebook, instagram, twitter,blogspot, dan youtube. Salah satu tugasnya yaitu dengan melakukan sosialisasi untuk mendorong partisipasi politik kaum milenial pada pemilihan umum. Tugas-tugas tersebut secara hirarki dilaksanakan oleh KPU Pusat, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

 

Kata Kunci: Komisi Pemilihan Umum, Partisipasi Kaum Milenial, Pemilihan Umum

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI