DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GIMA CERIA (GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING, DAN COURSE REVIEW HORAY) PADA SISWA KELAS IV SDN MELAYU 7 BANJARMASIN
PENGARANG:DITA NIRASANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


Nirasanti, Dita. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Muatan PPKn menggunakan Kombinasi Model GIMA CERIA (Group Investigation, Mind Mapping, dan Course Review Horay) Pada Siswa Kelas IV SDN Melayu 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing :  Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Group Investigation, Mind Mapping, dan Course Review Horay

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa, karena siswa kurang aktif, belum mampu berfikir kritis, siswa kesulitan mengingat materi pembelajaran dan tidak mandiri dalam menggali pengetahuan, yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Melayu 7 Banjarmasin tidak memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 65. Hal ini  disebabkan pembelajaran masih bersifat satu arah, kurangnya keterlibatan siswa, pembelajaran kurang menyenangkan dan menarik perhatian siswa. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui kombinasi model GIMA CERIA (Group Investigation, Mind Mapping, dan Course Review Horay). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Melayu 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 20 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui, teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan II mencapai 60%, pertemuan III mencapai 75%, dan pertemuan IV mencapai 90%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model GIMA CERIA (Group Investigation, Mind Mapping, dan Course Review Horay) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku di kelas IV SDN Melayu 7 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI