DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI), MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI LUMBAH 3 BARITO KUALA
PENGARANG:M.RIZKI ABDILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


ABSTRAK

Abdilah, M. Rizki. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Team AssistedIndividualization (TAI), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Lumbah 3 Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Team Assisted Individualization (TAI), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH).

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Sungai Lumbah 3 Barito Kuala pada siswa kelas IV adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Penyebabnya siswa tidak melibatkan diri dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan dan pembelajaran bersifat satu arah. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Sungai Lumbah 3 Barito Kuala.

Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting Penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Lumbah 3 Barito Kuala tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis di akhir pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 26 hingga 35 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 60,87% hingga 94,38% secara klasikal tergolong kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 60,87% hingga 100% mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan baik ketuntasan secara individual maupun secara klasikal.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kombinasi model tersebut dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Lumbah 3 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI