DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KOMBINASI GROUP INVESTIGATION DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV SDN SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:YUNI ARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


 

Ariani, Yuni. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Model Explicit Intruction KombinasiGroup Investigation, dan Course Review Horay SiswaKelasIV SDN Sungai Andai 3Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengukuran Sudut, Explicit Intruction, Group Investigation,dan Course Review Horay.  

 

         Permasalahan penelitian ini ialah siswa kurang memahami materi pelajaran, siswa belum mampu berfikir kritis menemukan solusi pemecahan masalah, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang berminatmengikuti pelajaran. Sehingga membuat siswa jenuh saat proses pembelajaran, siswa kurang memahami konsep pembelajaran materi pengukuran sudut,siswa kurang mampu bersaing di eraglobal, nilai siswa berada di bawah KKM yang telah ditentukan. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model Explicit Intruction, kombinasi model Group Investigation, dan Course Review Horay dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut di kelas IV SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin.

 

         Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas IVC semester genap SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 37 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

 

         Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I Pertemuan I mencapai kriteria baik, Siklus II Pertemuan II mencapai kriteria baik, dan Siklus III Pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada Siklus I Pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, Siklus II Pertemuan II mencapai kriteria aktif, dan Siklus III Pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Siklus I Pertemuan I mencapai 48,65%, Siklus II Pertemuan II mencapai 64,86% dan Siklus III Pertemuan III mencapai 89,19%.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model pembelajaran Explicit Intruction, kombinasi Group Investigation, dan Course Review Horay dapat meningkatkan Hasil belajar matematika materi pengukuran sudut siswa kelas IVC SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI