DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI WAKTU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME), RECIPROCAL TEACHING, DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:NOVITA FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


Fitriani, Novita. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Muatan Matematika Materi Waktu Menggunakan Kombinasi Model Realistic Mathematic Education (RME), Reciprocal Teaching Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN Pekauman 1 Banjarmasin Selatan”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kombinasi Realistic Mathematic Education (RME), Receprocal Teaching dan Talking Stick

Permasalahan siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi waktu di kelas III SDN Pekauman 1 Banjarmasin yaitu siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran, guru menggunakan metode pembelajaran yang selalu sama pada setiap pertemuan pembelajaran dan keaktifan siswa kurang atau cenderung pasif yang menyebabkan pembelajaran hanya bersifat satu arah, siswa kurang melibatkan diri secara aktif dan siswa kurang tertarik dengan materi yang diajarkan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 60. Oleh karena itu, perlu dilakukan solusi model pembelajaran dengan model Realistic Mathematic Education (RME), Reciprocal Teaching dan Talking Stick dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar padamateri waktu muatan Matematika di kelas III SDN Pekauman 1 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Pendidikan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester genap SDN Pekauman 1 Banjarmasin Selatan tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan descriptive analysis dan cross tabulation analysis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dari pertemuan 1 sampai Pertemuan 3 meningkat dari skor: 20 dengan kriteria baik pada pertemuan 1, mencapai 23 dengan kriteria baik pada pertemuan 2, mencapai 26 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 3. Aktivitas siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3 meningkat dari 56% pada pertemuan 1, meningkat pada pertemuan 2 mencapai 72%, dan meningkat pada pertemuan 3 mencapai 97% (klasikal). Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 56%, meningkat pada pertemuan 2 mencapai 72%, dan pertemuan 3 mencapai 97%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Realistic Mathematic Education (RME),  Reciprocal Teaching dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga hipotesis dapat diterima. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI