DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), THINK, TALK , WRITE (TTW), DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VB SDN KUIN UTARA 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NIA PATMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


ABSTRAK

Patmawati, Nia. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Think Talk Write (TTW), dan Make a Match pada Siswa  KelasVB SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, Kombinasi Model Problem Based Learning(PBL), Think Talk Wrire (TTW), Make a Match.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas VB SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin. Hal ini disebabkan siswa belum berpikir kritis, mengaitkan materi dalam kehidupan sehari-hari, memecahkan masalah, dan pada proses belajar siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Think Talk Write (TTW), dan Make a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitasguru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Sobjek penelitian adalah siswa kelas VB semester genap SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif diperoleh dari aktivitas guru dan siswa  dan kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa melalui tes evaluasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dan II mencapai kriteria baik, pertemuan III dan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pada pertemuan II mencapai kriteria aktif, pada pertemuan ke III dan IV mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 46,67%, Pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 60,00%, Pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 80,00%, Pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 86,67%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Talk Write (TTW), dan Make a Match, dapatmeningkatkan aktivitas siswa pada muatan IPA tema Lingkungan Sahabat Kita pada kelas VB SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan agar guru dapat menggunakannya sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI