DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MENGENAL AGAMA YANG DIANUT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, MODEL DEMONSTRASI DAN MODEL TALKING STICK (MAMDESTIK) PADA ANAK KELOMPOK B2 RA.SAIRUSSALAM BARITO KUALA
PENGARANG:NORHIDAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


ABSTRAK

 

Norhidayanti 2020. “Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Dalam Mengenal Agama Yang Dianut Menggunakan Kombinasi Model Make A Match, Model Demonstrasi Dan Model Talking Stick (Mamdestik) Pada Anak Kelompok B2 RA.Sairussalam Barito Kuala”. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Dr.Noorhapizah, ST., M.Pd.

Kata Kunci :        Kemampuan Nilai Agama dan Moral, Mengenal Agama Yang Dianut, Model Make A Match, Model Demonstrasi, dan Model Talking Stick

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada perkembangan aspek nilai agama dan moral anak dalam mengenal agama yang dianut di Ra.Sairussalam Barito Kuala, yaitu anak sering merasa bosan, kurang percaya diri, kurang tertarik dan antusias dengan kegiatan pembelajaran terutama kegiatan dalam mengenal agama yang dianut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak dalam mengenal agama yang dianut menggunakan kombinasi model make a match, model demonstrasi, dan model talking stick.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah anak kelompok B2 RA.Sairussalam Barito Kuala dengan jumlah 14 orang anak. Teknik pengumpulan data  yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥82% atau mendapat bintang««« dan ««««.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke 1 memperoleh kriteria cukup baik dan mengalami perbaikan pada pertemuan ke 3 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak hanya mencapai kategori cukup aktif pada pertemuan ke 1, berkembang hingga mencapai kategori sangat aktif pada pertemuan ke 3 dan hasil perkembangan kemampuan nilai agama dan moral anak memperoleh kategori Mulai Berkembang (MB) pada pertemuan 1 dan mengalami perkembangan pada pertemuan 3 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model make a match, model demonstrasi, dan model talking stick dapat mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral anak dalam mengenal agama yang dianut  pada anak kelompok B2 RA.Sairussalam Barito Kuala. Maka disarankan kepada guru, hendaknya penelitian ini dijadikan alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan anak. Bagi kepala RA agar dapat meningkatkan kinerja pendidik di sekolahnya. Begitu pula untuk peneliti lain, dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI