DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENUNJUKKAN RASA PERCAYA DIRI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK ANNISA KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RENDA PRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


ABSTRAK

Priyanti, Renda. 2020. Upaya Mengembangkaan Kemampuan Sosial Emosional Dalam  Menunjukkan Rasa Percaya Diri Menggunakan Kombinasi Model Role Playing Dan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A TK Annisa Kecaamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Program PG-Paud FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing  Dr. Hj. Winarti , M. Pd., M.Sc.

Kata Kunci: Sosial Emosional Dalam Menunjukkan Rasa Percaya Diri, Kombinasi Model Role Playing Dan Metode  Pemberian Tugas.

Penelitian Ini tindakan kelas ini dilaksanakan pada anak Kelompok A TkAnnisa Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, karena belum berkembangnya perkembangan aspek sosial emosional anak  dalam menunjukkan rasa percaya diri di kelompok A TK Annisa kecamatan alalak kabupaten barito kuala. Yaitu dari 100% anak hanya 40 % anak yang berkembang dan 60%anak masih belum mampu hal ini disebabkan karena pembelajaran masih cenderung berpusat kepada guru, guru hanya mengajar menggunakan cerita abstrak, dan kurangnya memberikan kemandirian kepada anak. salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan rasa percaya diri anak, jika dibiarkan perkembangan kepercayaan diri anak tidak akan percaya diri atau tidak dapat bermasyarakat  dengan baik   sehingga diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model role playing dan metode Pemberian Tugas diharapkan dapat mengembangkan rasa percaya diri anak tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan aspek perkembangan sosial emosional.

            Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Dengan rancangan 3 Pertemuan dilakukan di Kelompok A TK Annisa Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, 15 Orang. Butir yang digunakan adalah butir observasi aktivitas guru dan anak kemudian butir pengamatan untuk pengembangan aspek sosial emosional, teknik analisa data digunakan  dengan indikator keberhasilan  aktivitas guru memperoleh  Dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak secara individual berada pada ≥82% maka dapat dikatagorikan sangat aktif dan secara klasikal ≥82% maka dapat dikategorikan hampir seluruh siswa aktif. dan hasil capaian perkembangan sosial emosional mencapai ≥82% Dari Jumlah Siswa Mendapatkan BSB (Berkembang Sangat Baik).

            Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru memperoleh kriteria sangat baik, aktivitas anak memperoleh  kriteria sangat aktif dan capaian perkembangan sosial emosional mencapai kriteria berkembang sangat  baik (BSB)

            Berdasarkan Hasil PenelitianDapat Disimpulkan Bahwa Hasil perkembangan  Anak Menggunakan Kombinasi Model Role Playing Dan Metode pemberian tugas berhasil meningkat dan berkembang. maka disarankan kepada guru dengan menggunakan kombinasi kombinasi model role playing dan metode peberian tugas dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional dalam menunjukkan rasa percaya diri. dengan model pengembangan dapat dijadikan salah satu referensi bagi peneliti lain. dengan mengembangan kemampuan aspek sosial emosional anak dalam menunjukkan rasa percaya diri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI