DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Objek Wisata Kampung Pelangi Di Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru
PENGARANG:Rara Anggraeni
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan masyarakat terhadap pengelolaan objek wisata Kampung Pelangi di Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan kajian data sekunder dari instansi terkait. Metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan Skala Likert dengan analisis deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat Kelurahan Guntung Paikat dengan jumlah rumah tangga sebanyak 2.977. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 340 orang.

Hasil analisis penelitian menunjukkan bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan masyarakat terhadap pengelolaan objek wisata Kampung Pelangi meliputi partisipasi sumbangan pemikiran, harta benda, tenaga, partisipasi dibidang ekonomi, sosial, budaya, kemahiran/keterampilan dan evaluasi. Bentuk partisipasi tertinggi adalah partisipasi tenaga dalam bentuk gotong royong membersihkan lingkungan Kampung Pelangi dan keterlibatan masyarakat pada bidang ekonomi dalam kegiatan usaha atau industri, masing-masing dengan persentase 53%. Partisipasi terendah dalam bentuk sumbangan dana berupa uang dengan persentase sebesar 36,05%. Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan objek wisata Kampung Pelangi masih jarang dilakukan karena kurangnya kepekaan dan kesadaran dari masyarakat sendiri sehingga kepekaan dan kesadaran dari diri masyarakat perlu ditingkatkan lagi.

 

 

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Objek Wisata, Kampung

                     Pelangi

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI