DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL BATUAH ( BERKELOMPOK AKTIF TANGGAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ) PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI JINGAH 6 BANJARMASIN.
PENGARANG:NUR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


 

Azizah,   Nur. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading And Compotision,Teaching Game Team  dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Sunarno Baasuki, D.rs., M.kes ,AIFO

Kata Kunci:Aktivitas Belajar, Toleransi dalam keberagaman di Indonesia. Cooperative Integrated Reading And Compotision Teaching Game Team  dan Course Review Horay.

Penelitian ini dilaksanakan kurangnya aktivitas belajar sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi Toleransi didalam keberagaman Indonesia. Pembelajaran berlangsung satu arah, kurang adanya interaksi antara siswa dalam kelas untuk berdiskusi, tidak terbiasa dengan pembelajaran yang menekankan pada sikap serta berpikir ilmiah dan kurang menerapkan strategi, metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pemecahan masalah ini menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotision ,Teaching Game Team    dan Course Review Horay. Dengan tujuan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan  penelitian kualitatif yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Yang mana subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 orang. Data kualitatif didapat dari observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Indikator keberhasilan PTK ini apabila aktivitas guru mencapai 25-30 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mencapai ≥81% pada kategori aktif dan sangat aktif, siswa dapat mencapai ketuntasan belajar individu apabila mencapai ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥81%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru selama empat pertemuan meningkat dari 60% - 100% (klasikal). Aktivitas siswa selama empat pertemuan meningkat  dari 40% - 85% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif selama empat pertemuan meningkat dari 45% - 85% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif selama empat pertemuan meningkat dari 85% - 100% (klasikal). Dan hasil belajar psikomotorik selama empat pertemuan meningkat dari 80% - 100% (klasikal).

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Sehingga hipotesis dengan kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Compotision,,Teaching Game Team  dan Course Review Horay dapat diterima dan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI