DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN HASIL WAWANCARA TEMA KAYANYA NEGRIKU MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE, COOPERATIVE LEARNING, DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS 4 SDN TELAGA BIRU 6 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:WITA SYAWALINA FEBRIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


ABSTRAK

 

Febrianti,Wita Syawalina. 2020. Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Hasil Wawancara pada Tema Kayanya Negeriku Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Think Talk Write, Cooperative Learning dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas IV SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: Menulis Laporan Hasil Wawancara, Think Talk Write, Cooperative Learning, Snowball Throwing.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar pada keterampilan menulis laporan hasil wawancara tema kayanya negeriku muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin. Penyebabnya yaitu pembelajarann hanya satu arah, pembelajaran kurang menuntut pastisipasi siswa, dan penggunaan model dan media variatif kurang terlaksana, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasinya dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write, Cooperative Learning dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi menulis laporan hasil wawancara tema kayanya negriku muatan bahasa indonesia di kelas IV SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin .

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah 28 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write, Cooperative Learning dan Snowball Throwing, aktivitas guru mencapai skor 50 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa mencapai 92,86% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 92,85%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Think Talk Write, Cooperative Learning dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku pada siswa kelas IV SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI