DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL BARAKAT CANGKAL (BELAJAR AKTIF BERBASIS INVESTIGASI SECARA KELOMPOK MENGGUNAKAN YEL-YEL) PADA SISWA KELAS IVB SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:KARMILA USWATUNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


 

Uswatunisa, Karmila. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Model BARAKAT CANGKAL yang diadopsi dari kombinasi model Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), dan Course Review Horay (CRH) padaSiswa Kelas IVB SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

 

 

Kata kunci :  Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar,Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), dan Course Review Horay (CRH).

 

 

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswadi kelas IVB SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin yang disebabkan pembelajaran yang masih berjalan satu arah, cenderung monoton, kegiatanpembelajaran cenderung terpaku pada buku teks sehingga membuat pembelajaran menjadi tidak menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model BARAKAT CANGKAL yang diadopsi dari kombinasi model Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), dan Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IVB SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar sedangkan hasil belajar menggunakan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan melalui tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

 

Hasilpenelitianmenujukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 31 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 menjadi 43 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari pertemuan 1 memperoleh 58,1% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93,8% kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula dengan motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 61,3% kriteria “Cukup Tinggi” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93,8% kriteria “Sangat Tinggi”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pertemuan 1 memperoleh 58,1%dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93,8%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model BARAKAT CANGKAL dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajarsiswa. Disarankan bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar hasil penelitian ini dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPS yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI