DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI JINGAH 5 BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:MAULIDA YANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


 

ABSTRAK

 

Yani, Maulida. 2020. Meningkatkan Hasil Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME), Numbered Head Together (NHT) Dan Examples Non Examples  Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Jingah 5 Banjarmasin Utara. Skripsi Program S1 Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Bangun Ruang, Model RME, NHT dan Example Non Example

 

Masalah dalam penelitian  ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Sungai Jingah 5 Banjarmasin Utara. Hal ini dikarenakan rendahnya penguasaan siswa terhadap materi, siswa kurang percaya diri dalam menanyakan yang belum dipahami dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Numbered Head Together (NHT) dan Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Sungai Jingah 5 Banjarmasin Utara pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 39 orang tahun ajaran 2019/2020. Faktor yang diteliti adalah faktor guru , siswa dan hasil belajar. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis, lisan dan penugasan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Numbered Head Together (NHT) dan Examples Non Examples dapat diketahui aktivitas guru dari siklus I dengan perolehan skor 66,67 meningkat menjadi 74,35 pada siklus II. Aktivitas siswa siklus I berdasarkan klasikal 46,14% meningkat menjadi 62,10% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik  telah mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan baik secara individual maupun secara klasikal.

Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif  untuk memilih model pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Matematika materi penyajian data melalui model Realistic Mathematics Education (RME), Numbered Head Together (NHT) dan Examples Non Examples).


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI