DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL TAKE AND GIVE DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN KUIN SELATAN 5 BANJARMASIN
PENGARANG:RENALDI HISYAM APRILIANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang karena siswa belum mampu berpikir kritis, siswa sering kali hanya mendengarkan penjelasan, menulis dan memandang buku paket dari guru tanpa ikut serta aktif berperan dalam pembelajaran yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Kuin Selatan 5 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi Model Realistic Mathematics Education Dikombinasi Dengan Model Take And Give Dan Course Review Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkanhasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Kuin Selatan 5  Banjarmasintahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 27. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan danindikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik dan pertemuan II mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 67% dan pertemuan II memperoleh 85%, Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 63% dan pertemuan II mencapai 81%,

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Realistic Mathematics Education Dikombinasi Dengan Model Take And Give Dan Course Review Horay. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI