DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPA MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PRONTAL WORD (PBL, EXPERIENTAL LEARNING DAN WORD SQUARE) DI KELAS V SDN PEMATANG PANJANG GAMBUT KABUPATEN BANJAR | |
PENGARANG | : | MARIANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-14 |
ABSTRAK
Marianti,2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPA Materi Siklus Air Dan Dampaknya Pada Kehidupan Menggunakan Kombinasi model PRONTAL WORD (PBL, Experiental Learning dan Word Square) Di kelas V SDN Pematang Panjang Gambut Kabupaten Banjar.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Siklus Air,PBL, Experiental Learning dan Word Square.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Pematang Panjang yang disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada materi Siklus Air dengan kombinasi model PBL dengan Experiental Learning dan Word Square.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Pematang Panjang dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1, mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria Sangat aktif, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 46,15%, pertemuan 2 mencapai 64,54%, pertemuan 3 mencapai 84,62%, dan pertemuan 4 mencapai 96,15%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan dengan kombinasi model PBL dengan Experiental Learning dan Word Square pada Siklus Air dan Dampaknya pada Kehidupan. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam menentukan atau memilih model pembelajaran dalam upaya peningkatan pelaksanaan pembelajaran di kelas.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI