DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPA MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PRONTAL WORD (PBL, EXPERIENTAL LEARNING DAN WORD SQUARE) DI KELAS V SDN PEMATANG PANJANG GAMBUT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MARIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


ABSTRAK

Marianti,2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPA  Materi Siklus Air Dan Dampaknya Pada Kehidupan Menggunakan Kombinasi model PRONTAL WORD (PBL, Experiental Learning dan Word Square) Di kelas V SDN Pematang Panjang Gambut Kabupaten Banjar.Skripsi  Program S1 Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata  Kunci:  Aktivitas, Hasil Belajar, Siklus Air,PBL, Experiental Learning dan Word Square.

                                              

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Pematang Panjang yang disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  menganalisis peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada materi Siklus Air dengan kombinasi model PBL dengan Experiental Learning dan Word Square.

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Pematang Panjang dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1, mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria Sangat aktif, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 46,15%, pertemuan 2 mencapai 64,54%, pertemuan 3 mencapai 84,62%, dan pertemuan 4 mencapai 96,15%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal  menggunakan dengan kombinasi model PBL dengan Experiental Learning dan Word Square pada Siklus Air dan Dampaknya pada Kehidupan. Hasil penelitian ini dapat disarankan  sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam menentukan atau memilih model pembelajaran dalam upaya peningkatan pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI