DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMAN 8 BANJARMASIN
PENGARANG:RESFAN FAUZAN
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-05


Kata Kunci: komunikasi interpersonal, kegiatan ekstrakurikuler, penyesuaian diri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri, kegiatan ekstrakurikuler dengan penyesuaian diri, serta komunikasi interpersonal dan kegiatan ekstrakurikuler secara bersama-sama dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X di SMAN 8 Banjarmasin..
Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Jumlah populasi penelitian adalah 105 orang dengan sampel siswa 95 SMA Negeri 8 Banjarmasin yang berada pada kelas X. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive random sampling. Analisis peneitian menggunakan analisis regresi untuk menganalisis hubungan masing-masing variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y, serta hubungan variabel X1 dan X2 dengan Y secara bersama-sama.
Sumber data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk angket. Instrumen uji validitas dengan teknik korelasi product moment, sedangkan pengujian reliabelitasnya menggunakan rumus Alpha dari Croanbach. Selanjutnya data di analisis dengan ANOVA melalui aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 21 dengan tingkat signifikan 0.05. Hasil penelitian korelasi ini menunjukan bahwa: (1) adanya hubungan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Negeri 8 Banjarmasin (2) adanya hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler dengan penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Negeri 8 Banjarmasin (3) Adanya hubungan antara komunikasi interpersonal dan kegiatan ekstrakurikuler dengan penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Negeri 8 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI