DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PEMBANTANAN 2 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CIRC, SCRAMBLE, TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA
PENGARANG:LARAS ARYANDINI SUKMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


Tujuan dari penelitian ini untuk menguji kombinasi modelpembelajaran CIRC, Scramble, dan Time Tokendalam meningkatkan aktivitasbelajar siswahasil belajar siswa dan aktivitas guru di SDN  Pembantanan 2 Sungai Tabuk.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan  2 siklus  terdiri dari 4 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dan kualitatif. Setting penelitian  kelas V SDN Pembantanan 2 Sungai Tabuk dengan jumlah siswa 19 orang. Pengambilan data kuantitaif  dari hasil belajar siswa dengan tes akhir disetiap akhir pertemuan  serta kualitatif diperoleh dari aktivitas guru dan aktivitas siswa dilakukan dengan teknik observasi. Indikator keberhasilan siswa tuntas dengan mencapai nilai minimal 70 dan secara keseluruhan sekurang-kurangnya 82%.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh persentase 41% dan meningkat menjadi 90%. Hasil belajar siswa pertemuan 1 memperolah persentase 16% menjadi 89% dipertemuan 4. Aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh persentase 54% meningkat menjadi 96%.Model pembelajaran CIRC, Scramble, dan Time Token adala merupakan model yang efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman mengurutkan urutan peristiwa teks fiksi dalam aspek aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan aktivitas guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI