DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJARSISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATANIPA MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIPPING NUMTAKE(Mind Mapping, Number Head Together Dan Take And Give) KELAS IV B SDN ALALAK TENGAH 3BANJARMASIN
PENGARANG:MAZIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Kata Kunci : Aktivitas DanHasil Belajar, Daerah Tempat Tinggalku, Mipping Numtake (Mind Mapping, NumberHead Together Dan Take And Give)

Permasalahan dalam penelitian inirendahnya aktivitas siswa pada materi Daerah Tempat Tinggalku. Hal ini disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, kurang memahami konsep-konsep pembelajaran dan tidak belajar secara kritis. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang berada di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 60. Untuk solusi masalah tersebut adalah menggunakan kombinasi modelMipping Numtake (Mind Mapping, NumberHead Together Dan Take And Give). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikanaktivitas guru, aktivitas siswa danmenganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak kombinasi model Mipping Numtake (Mind Mapping, Number Head Together dan Take and give).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan 3kali pertemuandikelas IVB SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin, jumlah siswa sebanyak 29 terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Data dianalisis secara kualitatatif yaitu aktvitas siswa dan guru dan data kuantatif diperoleh dari hasil belajar siswa, kemudian di analisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam kreteria indikator keberhasilan masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan hasil belajar secara individu dan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kreteria baik, pertemuan II kreteria baik dan pertemuan III kreteria sangat baik, aktivitas siswa pertemuan I mencapai kreteria cukup aktif, pertemuan II kreteria aktif dan pertemuan III kreteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar pertemuan I mencapai 66%, pertemuan II mencapai 69% dan pertemuan 3 mencapai 83%.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkanbahwa aktivitas guru terlaksanakan dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif serta hasil belajar siswa meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan kombinasi model Mipping Numtake (Mind Mapping, NumberHead TogetherDan Take And Give). pada materi gaya dan gerak. Penelitian ini dapat disarankan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam menentukan model pembelajaran upaya meningkatkan pelaksanaan pembelaran dikelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI