DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA FIKSI SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN SCRAMBLE PADA KELAS IV SDN KUIN SELATAN 5 BANJARMASIN
PENGARANG:RIJAL ADLIANNOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


Adliannor, Rijal. 2020. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT) dan Scramble Pada Kelas IV SDN Kuin Selatan 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Mariatul Kiptiah, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), Scramble, dan Cerita Fiksi.

Permasalahan yang terjadi ialah rendahnya keterampilan membaca siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Karena siswa yang cenderung kurang aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, kurang berani dalam mengemukakan pendapatnya, motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran rendah, dan kemampuan nalar siswa untuk menukik kedalaman teks rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlunya inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran CIRC, NHT dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ialah aktivitas guru berhasil apabila nilainya berada pada minimal kriteria sangat baik dengan skor ≥22, aktivitas siswa dapat mencapai minimal 80% yang berada pada kategorisangat aktif serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dengan memperoleh skor yaitu 24 dengan kriteria sangat baik dan peningkatan aktivitas siswa memperoleh 83,33% dengan kriteria sangat aktif serta pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 88,89%. Berdasarkan temuan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran CIRC, NHT dan Scramble menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi kepala sekolah dan guru bahwa hasil penelitian ini sebagai alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI