DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION, DAN COURSE REVIEW HORAY KELAS V SDN KUIN CERUCUK 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKA LUKITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


Sari, Rizka Lukita. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Siklus Air Dengan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individualization, dan Course Review Horay Kelas V SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing: Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing,Team Assisted Individualization, dan Course Review Horay.

 

Permasalahan dalam penelitian ini disebabkan karena adanya pembelajaran yang bersifat satu arah, strategi pembelajaran tidak bervariasi, tidak menggunakan media konkrit dalam pembelajaran IPA, dan model yang digunakan guru tidak sesuai dengan gaya belajar siswa, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V B SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan Hasil Belajar siswa yaitu melalui kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individualization, dan Course Review Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam I Siklus dengan 2 kali pertemuan. Setting penelitian siswa kelas V B SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin yang berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis data yang dipakai adalah data kualitatif dan kuantitaf dimana data kualitatif didapatkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif didapatkan melalui hasil belajar yang diambil menggunakan tes secara berkelompok dan evaluasi belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 26 kriteria “baik”, dan pertemuan 2 memperoleh skor 34 dengan kriteria “sangat baik”. 2) Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 47,83% mencapai kriteria cukup aktif, dan pertemuan 2 memperoleh 86,96% kriteria sangat aktif.  3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 60,87% dan meningkat pada pertemuan 2 mencapai 86,98%. Sehingga dapat dikatakan pengujian hipotesis yang mengandung makna bahwa dengan menggunakan kombinasimodel Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individualization, dan Course Review Horay dibuktikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dapat diterima.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individualization, dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPA pada materi siklus air kelas VB SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI