DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PPKN MATERI TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK PAIR AND SHARE, MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN DALAM 7 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZALIE HAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan.Settingpenelitian adalahsiswakelasV SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin tahunajaran 2019/2020,denganjumlahsiswa24orangyangterdiridari11siswalaki-lakidan 13siswaperempuan.Datadiperolehdari datakuantitatifyaitumelalui teknik pengukuran dengan testertulissecaraindividumaupunberkelompokdan data kualitatifmelaluiinstrumentpenilaianberupalembarobservasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru pada setiap pertemuan. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung meningkat, pada pertemuan 1 persentase klasikal aktivitas siswa sebesar 62,50%, kemudian mengalami peningkatan sampai pada pertemuan 3 sebesar 95,83%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga cenderung meningkat dari pertemuan 1 hanya sebesar 62,50%, kemudian selalu mengalami peningkatan sampai pada pertemuan 3 sebesar 100%.

Berdasarkanhasilpenelitian ini dapat disimpulkanbahwa  penerapanmodel Think Pair and Share,dikombinasikan dengan modelMind Mapping dan Course Review Horay dapat meningkatkanaktivitas belajar siswa kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. Diharapkan kombinasi modelThink Pair and Share,Mind Mapping dan Course Review Horay dapatmenjadialternatifguru dalam menerapkan pembelajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI