DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL GINTAMA (Group Investigation, Number Head Together Dan Make A Match) PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN UTARA 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ZAINI DAKHLAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa, disiplin siswa  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi Kegiatan Ekonomi dengan Model Group Investigation, Number Head Together Dan Make A Match).

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa dan kedisiplinan belajar siswa, secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 28 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 36 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 41% kriteria “Cukup Aktif”, dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% kriteria “Sangat Aktif”, Disiplin belajar juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 90% kriteria “Sangat Disiplin”, dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% kriteria “Sangat Disiplin”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 41% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, disiplin belajar sangat disiplin dan hasil belajar menigkat dan mencapai mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan model Group Investigation, Number Head Together Dan Make A Match) pada materi Kegiatan Ekonomi. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model  pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Kegiatan Ekonomi di kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI