DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL GINTAMA (Group Investigation, Number Head Together Dan Make A Match) PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN UTARA 1 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | ZAINI DAKHLAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-14 |
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran yang berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung terpaku pada buku teks dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Kegiatan Ekonomi dengan Model Group Investigation, Number Head Together Dan Make A Match).
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa dan kedisiplinan belajar siswa, secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 28 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 36 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 41% kriteria “Cukup Aktif”, dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% kriteria “Sangat Aktif”, Disiplin belajar juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 90% kriteria “Sangat Disiplin”, dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% kriteria “Sangat Disiplin”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 41% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, disiplin belajar sangat disiplin dan hasil belajar menigkat dan mencapai mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan model Group Investigation, Number Head Together Dan Make A Match) pada materi Kegiatan Ekonomi. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Kegiatan Ekonomi di kelas IV.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI